• Jl. Dr. Ratulangi No. 274, Maros
  • WhatsApp 081122225808
  • [email protected]
Logo Logo
  • Beranda
  • Profil
    • Overview
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tugas dan Fungsi
    • Pimpinan
    • Satuan Kerja
    • Sumber Daya Manusia
  • Informasi Publik
    • Portal PPID
    • Standar Layanan
      • Maklumat Layanan
      • Waktu dan Biaya Layanan
    • Prosedur Pelayanan
      • Prosedur Permohonan
      • Prosedur Pengajuan Keberatan dan Penyelesaian Sengketa
      • Prosedur Pelayanan Publik
    • Regulasi
    • Agenda Kegiatan
    • Informasi Berkala
      • LHKPN
      • LHKASN
      • DIPA
      • RKAKL/POK
      • Laporan Kinerja
      • Capaian Kinerja
      • Laporan Keuangan
      • Laporan Realisasi Anggaran
      • Laporan Tahunan
      • Daftar Aset/BMN
      • Prosedur Evakuasi
      • Laporan PPID
      • Indeks Kepuasan Masyarakat
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
      • Daftar Informasi Publik
      • Daftar Informasi Dikecualikan
      • Rencana Strategis
      • Kerja Sama
      • Standar Operasional Prosedur
  • Publikasi
    • Buku
    • Pedum dan Juknis
    • Infografis
    • Siaran Pers
    • Buletin
  • Reformasi Birokrasi
    • Manajemen Perubahan
    • Deregulasi Kebijakan
    • Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    • Penataan dan Penguatan Organisasi
    • Penataan Tata Laksana
    • Penataan Sistem Manajemen SDM
    • Penguatan Akuntabilitas
    • Penguatan Pengawasan
  • Layanan
Thumb
82 dilihat       16 Oktober 2025

Hadirkan Pelayanan Publik Citizen Centric melalui Forum Konsultasi Publik

Maros, (16/10) –  Pelayanan publik merupakan cerminan dari komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif kepada masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan tersebut, satuan kerja (satker) lingkup Pusat Perakitan dan Modernisasi Pertanian Tanaman Pangan (BRMP Tanaman Pangan), Kementerian Pertanian menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai wadah interaktif antara penyelenggara dan pengguna layanan pada Kamis, 16 Oktober 2025.

FKP dibuka langsung oleh Kepala BRMP Tanaman Pangan, Haris Syahbuddin. Ia menekankan pentingnya kegiatan tersebut untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih relevan, responsif, dan efisien dengan mempertimbangkan kebutuhan, kepentingan, dan pengalaman masyarakat atau citizen centric.

“Forum Konsultasi Publik ini selain sebagai sarana berinteraksi dua arah, diharapkan juga merupakan bentuk partisipasi demokratis dalam mendorong prinsip citizen centric. Jadi kepentingan masyarakat menjadi sesuatu yang harus kita tempatkan pada tempat yang paling tinggi dibandingkan kebutuhan instansi ataupun golongan,” ujar Haris.

Melalui forum yang diselenggarakan serentak di lima lokasi satker via zoom tersebut diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan. Secara umum masing satker meliputi BRMP Tanaman Pangan, BRMP Padi, BRMP Aneka Kacang, BRMP Serealia, BRMP Aneka Umbi memaparkan Rancangan Standar Pelayanan Publik (RSPP). RSPP setidaknya memuat beberapa unsur berikut.

Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)

  1. PersyaratanSistem, Mekanisme, dan Prosedur
  2. Jangka Waktu Pelayanan
  3. Biaya/Tarif
  4. Produk Pelayanan
  5. Penanganan Pengaduan,
  6. Saran dan Masukan/ Apresiasi

Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing)

  1. Dasar Hukum
  2. Sarana dan Prasarana dan/atau Fasilitas
  3. Kompetensi Pelaksana
  4. Pengawasan Internal
  5. Jumlah Pelaksana
  6. Jaminan Pelayanan
  7. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  8. Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setelah masing-masing satker menyampaikan RSPP, kemudian peserta forum diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan ataupun masukan, saran, dan kritik terhadap Standar Pelayanan Publik yang telah disusun. Peserta forum yang hadir merupakan keterwakilan dari enam golongan antara lain a) penyedia layanan, b) pengguna layanan, c) stakeholder pelayanan publik, d) ahli/praktisi, e) organisasi masyarakat sipil, dan f) media massa.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh satker lingkup BRMP Tanaman Pangan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, membangun kepercayaan masyarakat, dan mendukung kemajuan sektor pertanian nasional.

Hadir pada pelaksanaan FKP secara luring yang berlangsung di BRMP Serealia antara lain Kepala BRMP Serealia–Amin Nur, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Maros, perwakilan SMK N 1 Maros, perwakilan TK Oryza Sativa, pengelola layanan lingkup BRMP Serealia, serta kelompok tani mitra.


 

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut “Klik di sini”.


 

Jurnalis: PPL UIN Alauddin Makassar 2025
Editor: Muchammad Fatchur Rizza

Prev Next

- Humas BRMP Serealia


Pencarian

Berita Terbaru

  • Thumb
    Kepedulian Pegawai dan Mitra Kementan untuk Saudara di Sumatera
    17 Des 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    BRMP TANAMAN PANGAN GELAR BIMTEK BUDIDAYA JAGUNG TERSTANDAR DI LOMBOK TENGAH
    28 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    Temu Wicara Penyuluh dan Brigade Pangan Perkuat Implementasi Program IP300 di Sidrap
    26 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    Persiapkan Budidaya Gandum Skala Luas, BRMP Serealia Gelar Bimtek
    25 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    Sinergitas BRMP Tanaman Serealia dengan Dunia Pendidikan dalam Peningkatan Proses Belajar Mengajar
    20 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia

tags

BRMP Serealia Pelayanan Publik

Kontak

WhatsApp 081122225808
Telepon (0411) 374511
[email protected]

Jl. Dr. Ratulangi No.274, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia Kode Pos 90512

Email [email protected]
Website serealia.brmp.pertanian.go.id

© 2025 - 2025 Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Serealia. All Right Reserved